Loading...

Rumus Molekul & Empiris: Definisi, Cara Menentukan, Contoh Soal dan Pembahasan

Advertisement
Tahukah kalian apa yang menjadi bahan utama dalam pembuatan cat seperti pada gambar di bawah? Cat atau dalam istilah asing disebut emulsion paints merupakan campuran bahan padat yang tidak tembus cahaya dalam medium cair yang transparan. Apabila cat dioleskan pada suatu medium misalnya tembok, maka akan membentuk lapisan filem yang keras dan kuat setelah kering. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan cat adalah etanol.


Etanol dibuat melalui proses reaksi kimia eksotermik antara etena dengan uap air dengan menggunakan asam fosfat sebagai katalis. Reaksi kimia tersebut adalah sebagai berikut.
C2H4(g) + H2O(g)  C2H5OH(g)
Namun kita tidak akan membahas lebih jauh mengenai proses pembuatan cat itu ya. Karena pada artikel ini akan membahas mengenai perbedaan rumus molekul dengan rumus empiris. Lalu apa hubungannya dengan cat di atas?

Coba kalian perhatikan kembali reaksi kimia pada pembuatan etanol di atas. Etanol terbuat dari senyawa etena dengan rumus kimia C2H4. Selain C2H4, etena juga memiliki rumus kimia lain yaitu CH2. Di dalam kimia, rumus etena C2H4 disebut rumus molekul sedangkan rumus etena CH2 disebut rumus empiris. Lalu tahukan kalian apa itu rumus molekul dan rumus empiris? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan perhatikan penjelasan berikut ini.

Pengertian Rumus Molekul dan Rumus Empiris
Tentu kalian sudah tahu bahwa rumus kimia suatu senyawa menyatakan jenis dan jumlah relatif atom-atom yang terdapat dalam senyawa tersebut. Angka yang menyatakan jumlah atom suatu unsur dalam rumus kimia disebut angka indeks. Rumus kima senyawa dapat berupa rumus molekul (molecular formula) atau rumus empiris (empirical formula).

#1 Rumus Molekul

Rumus molekul adalah rumus yang menunjukkan jumlah atom yang sebenarnya di dalam molekul suatu senyawa.

Contoh:

a.Rumus molekul air yaitu H2O yang berarti dalam satu molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen
b.Rumus molekul glukosa yaitu C6H12O6 yang berarti dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen dan 6 atom oksigen
c.Rumus molekul etanol yaitu C2H5OH yang berarti dalam satu molekul etanol terdapat 2 atom karbon, 6 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

#2 Rumus Empiris

Rumus empiris adalah rumus yang menyatakan perbandingan terkecil dari jumlah atom-atom unsur penyusun senyawa. Rumus kimia semua senyawa ion merupakan rumus empiris.

Contoh:

a.Natrium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cl- dengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida adalah NaCl. Rumus ini dinamakan rumus empiris.
b.Kalsium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Ca2+ dan ion Cl- dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida adalah CaCl2. Rumus ini dinamakan rumus empiris.
c.Asam asetat memiliki rumus molekul CH3COOH. Dari rumus tersebut dapat kita ketahui jumlah atom C =2, H = 4 dan O = 2, sehingga kita bisa menulis ulang rumus molekul asam asetat menjadi C2H4O2. Perbandingan atom-atom penyusun senyawa asam asetat adalah C : H : O = 2 : 4 : 2. Perbandingan ini belum merupakan perbandingan terkecil sehingga masih bisa disederhanakan menjadi C : H : O = 1 : 2 : 1. Dari perbandingan terkecil ini maka rumus kimia asam asetat dapat kita tuliskan CH2O. Rumus kimia asam asetat CH2O inilah yang dinamakan rumus empiris.

Contoh Rumus Molekul dan Rumus Empiris Beberapa Senyawa

Kadang-kadang perbandingan jumlah atom-atom pada rumus molekul merupakan perbandingan paling sederhana sehingga rumus empiris suatu senyawa akan sama dengan rumus molekulnya, misalnya H2O, H2SO4 dan NH3. Berikut ini adalah tabel contoh rumus molekul dan empiris beberapa senyawa.

Tabel Contoh Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Senyawa
Rumus Molekul
Rumus Empiris
Air
H2O
H2O
Glukosa
C6H12O6
CH2O
Etena
C2H4
CH2
Amonia
NH3
NH3
Asam sulfat
H2SO4
H2SO4
Etanol
C2H5OH
C2H5OH
Asam Asetat
CH3COOH
CH2O

Cara Menentukan Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Rumus empiris merupakan rumus molekul yang telah disederhanakan sehingga dapat dikatakan bahwa rumus molekul ini merupakan kelipatan dari rumus empiris. Secara matematis, perbandingan rumus empiris dengan rumus molekul adalah sebagai berikut.
(Rumus Empiris)n = Rumus Molekul
Sumber: kimiamath.com

n merupakan bilangan yang berkaitan dengan massa molekul relatif (Mr) dari rumus kimia suatu senyawa. Jika Mr dari rumus empiris dikalikan dengan n maka menghasilkan Mr rumus molekul. Konsep inilah yang menjadi acuan untuk menentukan rumus molekul dari rumus empiris suatu senyawa. Untuk menentukan rumus empiris dan molekul senyawa, perhatikan langkah-langkah berikut ini.
1.Tentukan perbandingan massa unsur-unsur penyusun senyawa
2.Tentukan perbandingan mol unsur-unsur penyusun senyawa dengan rumus sebagai berikut
mol
=
Massa unsur

Massa atom relatif (Ar)

3.Tentukan perbandingan mol unsur-unsur yang paling sederhana sehingga didapatkan rumus empiris
4.Tentukan rumus molekul dengan mencari faktor pengali n. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut
(Rumus Empiris)n = Mr

Contoh Soal dan Pembahasan

Untuk lebih memahami mengenai cara menentukan rumus empiris dan rumus molekul suatu senyawa, perhatikan beberapa contoh soal berikut ini dengan seksama.

Contoh Soal #1

Yulisa menemukan suatu gas bewarna coklat. Setelah diteliti di laboratorium ternyata dalam gas tersebut terkandung 2,34 gram nitrogen dan 5,34 gram oksigen. Tentukan rumus empiris gas yang ditemukan yulisa tersebut jika diketahui Ar N = 14 dan Ar O = 16.

Jawab
1.Menentukan perbandingan massa antara atom N dan atom O
N : O = 2,34 : 5,34
2.Menentukan perbandingan mol antara atom N dan atom O
N : O = massa N/Ar N : massa O/Ar O
N : O = 2,34/14 : 5,34/16
N : O = 0,167 : 0,333
3.Menyederhanakan perbandingan mol antara atom N dan atom O
N : O = 0,167 : 0,333
N : O = 0,167/0,167 : 0,333/0,167
N : O = 1 : 1,994
N : O = 1 : 2 (pembulatan angka)
Karena perbandingan mol antara atom nitrogen dan oksiden adalah 1 : 2, maka rumus empiris senyawa tersebut adalah NO2

Contoh Soal #2

Suatu senyawa mengandung 40% karbon, 53,33% oksigen dan sisanya hidrogen. Jika massa molekul relatif (Mr) senyawa tersebut adalah 180, tentukan rumus molekul senyawa itu (Ar C = 12, Ar O = 16 dan Ar H = 1).

Jawab
1.Menentukan perbandingan massa antara atom C, H dan O
C : H : O = 40 : 6,67 : 53,33
2.Menentukan perbandingan mol antara atom C, H dan O
C : H : O = massa C/Ar C : massa H/Ar H : massa O/Ar O
C : H : O = 40/12 : 6,67/1 : 53,33/16
C : H : O = 3,33 : 6,67 : 3,33
3.Menyederhanakan perbandingan mol antara atom C, H dan O
C : H : O = 3,33 : 6,67 : 3,33
C : H : O = 3,33/3,33 : 6,67/3,33 : 3,33/3,33
C : H : O = 1 : 2 : 1
Jadi rumus empiris dari senyawa tersebut adalah CH2O
4.Mencari faktor pengali n untuk menentukan rumus molekul
(Rumus Empiris)n = Mr
(CH2O)n = Mr
{12 + (2 × 1) + 16}n = 180
30n = 180
N = 6
Jadi rumus molekul dari senyawa tersebut adalah (CH2O)6 = C6H12O6

Demikianlah artikel tentang pengertian, contoh  dan cara menentukan rumus empiris dan molekul suatu senyawa beserta contoh soal dan pembahasannya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru